Kamis, 19 Agustus 2010

Jamur Pengendali Pikiran

Jamur mengontrol semut

Semut diubah menjadi zombie oleh jamur pengontrol pikiran 48.000.000 tahun yang lalu sebagaimana yang dipelajari oleh para ilmuwan.

Bukti adalah daun fosil kuno bantalan jejak jelas dari sebuah cerita horor alam.

Dr David Hughes, dari Universitas Exeter, yang meneliti temuan tersebut berkata: “Daun ini menunjukkan tanda-tanda yang jelas dari satu bentuk zombie parasit yang terdokumentasi dengan baik, jamur yang menginfeksi semut-semut dan kemudian memanipulasi perilaku mereka."

Parasit Ophiocordyceps unilateralis nampaknya mengambil alih pikiran semut yang terinfeksi.

Serangga yang diinfeksinya dipaksa untuk meninggalkan sarang mereka dan diarahkan menuju ke daun yang menyediakan kondisi ideal untuk reproduksi jamur parasit itu.

Saat tiba di daun itu, si semut dipaksa menggigit urat utama daun yang keras sebelum matinya. “Gigitan maut” membuat semut itu berada dalam posisi yang sempurna bagi pertumbuhan jamur dan pelepasan spora jamur yang bersifat menular.

“Gigitan maut” terhadap daun meninggalkan tanda yang sangat khas, dan inilah yang para ilmuwan itu temukan pada spesimen daun berumur 48 juta tahun dari Rhine Rift Valley di Hessen, Jerman.

“Bukti yang kami temukan mencerminkan jenis luka daun yang sangat erat kemiripannya dengan yang kita temukan hari ini. Ini menunjukkan bahwa parasit tersebut telah bekerja dengan cara yang sama untuk waktu yang sangat lama.

“Sejauh yang kita ketahui, inilah bukti tertua mengenai parasit yang memanipulasi perilaku inangnya dan ini menunjukkan bahwa hubungan parasitik dengan semut ini relatif kuno dan bukan merupakan suatu perkembangan baru."

Penelitian ini dilaporkan dalam jurnal Royal Society Biology Letters.

Related Articles:



This Related-Post-By-Category Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar